Thursday, October 16, 2014

Kebudayaan Ondel-ondel milik Jakarta

Kali  ini saya ingin membahas tentang kebudayaan milik Ibu kota Indonesia ini. Lebih tepatnya Jakarta. Kebudayaan yang akan saya bahas ialah Ondel-ondel.  Boneka budaya betawi ini sudah menjadi ikon yang sudah tidak dapat dipisahkan dari Ibukota Jakarta. Namun siapa yang tahu asal usul ondel-ondel itu sendiri? Mungkin diantara kita masih banyak yang belum tahu.

Ondel-ondel merupakan pertunjukkan yang diperankan oleh minimal dua buah boneka ondel-ondel yang sudah bertahun-tahun bahkan sampai berabad-abad yang ada di betawi, yang lebih kita kenal dengan Jakarta. Ondel-ondel yang berupa boneka besar itu tingginya sekitar 2,5 meter dengan garis tengah ± 80 cm, dibuat dari anyaman bambu yang disiapkan begitu rupa sehingga mudah dipikul dari dalamnya. Bagian wajah berupa topeng atau kedok, dengan rambut kepala dibuat dari ijuk. Wajah ondel-ondel laki-laki biasanya dicat dengan warna merah, sedangkan yang perempuan warna putih. Bentuk pertunjukan ini banyak persamaannya dengan yang ada di beberapa daerah lain. Kesenian rakyat topeng Betawi mengawinkan budaya Melayu, Sunda, dan China. Salah satu tokoh yang terkenal sejak 1970-an adalah Bokir dengan grupnya yang sering pentas, Setia Warga. Pertunjukan itu biasanya diawali dengan tarian Kembang Topeng yang menampilkan banyak penari perempuan. Ondel-ondel berbentuk dua patung besar berongga menyerupai sosok lelaki dan perempuan. Patung diusung orang pada bagian dalamnya dan digerak-gerakkan seperti manusia. Ondel-ondel diilhami barong landung dalam budaya Hindu Bali yang menggambarkan pengantin Raja Bali dan Putri China. Konon, bentuk Ondel-ondel adalah personifikasi dari leluhur masyarakat Betawi yang senantiasa menjaga keturunannya dari gangguan roh halus. Tidak heran kalau bentuk Ondel-ondel jaman dulu berkesan sangat menyeramkan. Berbeda dengan ondel-ondel yang dapat dilihat saat ini, yang lebih berkesan seperti sepasang ibu-bapak.Meski terjadi pergeseran fungsi, unsur ritual tak sepenuhnya lepas dari tradisi Ondel-ondel. Pada proses pembuatan ondel-ondel dilakukan secara tertib, ada waktu khusus untuk membuat Ondel-ondel. Baik waktu membentuk wajahnya demikian pula ketika menganyam badannya dengan bambu.
Sebelum mulai membuat Ondel-ondel, biasanya disediakan sesajen yang berisi bubur merah putih, rujak-rujakan tujuh rupa, bunga-bungaan tujuh macam, asap kemenyan, dan sebagainya. Demikian pula ondel-ondel yang sudah jadi, biasa pula disediakan sesajen dan dibakari kemenyan, disertai mantera-mantera ditujukan kepada roh halus. Sebelum dikeluarkan dari tempat penyimpanan, bila akan berangkat main, senantias diadakan ritual. Pembakaran kemenyan dilakukan oleh pimpinan rombongan, atau salah seorang yang dituakan. Menurut istilah setempat upacara demikian disebut ngukup. Sebenarnya tidak ada musik yang khusus untuk mengiringi arakan Ondel-ondel. Terkadang Tanjidor, Kendang Pencak, Bende, atau Rebana Ketimpring. Kebudayaan Ondel-ondel sampai saat ini masih dilestarikan. Seperti di jalan-jalan dekat Monas, terkadang di Dufan, ada juga saat perayaan ulangtahun Jakarta, lebih tepatnya di acara Jakarta Fair. Disana juga banyak menyuguhkan berbagai kebudayaan Jakarta, baik dari makanan, minuman, tariannya, dll.




No comments:

Post a Comment