Saturday, October 4, 2014

Manusia dan Kebudayaannya

Manusia ialah makhluk sosial yang memerlukan orang lain dan juga yang  perlu bersosialisasi, dengan kata lain manusia ialah makhluk yang tidak bisa hidup sendiri. Ada suatu hal yang membuat manusia lebih istimewa dibandingkan mahluk lainnya. Allah SWT menciptakan manusia dengan akal, nafsu, dan bentuk tubuh yang baik dan sempurna dibandingkan makhluk yang lain. Allah juga menciptakan setiap manusia dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing untuk mempermudah kehidupannya.
                Manusia dan Budaya sangatlah erat hubungannya. Setiap manusia pastilah memiliki adat-istiadat masing-masing. Di setiap adat pasti memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Sebelum itu, kita harus mengerti arti kebudayaan itu sendiri. Kata budaya dalam kamus besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai pikiran, akal budi atau adat-istiadat. Secara tata bahasa, pengertian kebudayaa diturunkan dari kata budaya yang cenderung menunjuk pada pola pikir manusia.
                Karena kita termasuk bangsa Tmur, saya akan menjelaskan kepribadian bangsa Timur saat ini. Kepribadian bangsa timur sering dikenal dunia sebagai bangsa yang ramah dan bersahabat, tidak individualis juga saling tolong menolong. Kepribadian bangsa timur pada umumnya memiliki toleransi yang tinggi. Sebagian besar cara berpakaian orang timur lebih sopan dan tertutup. Mungkin karena sebagian besar penduduk bangsa timur memeluk Agama Islam dan menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku. Namun, banyak hal yang telah berubah. Kebanyakan orang timur saat ini meniru kebiasaan orang barat. Dari cara berpakaian, cara menyapa satu sama lain terlebih lagi kepada yang lebih tua, cara berbicara, dll. Adat istiadatlah yang mengajari kita untuk berperilaku baik kepada sesama. Dulu  jika kita berbicara kepada yang lebih tua, kita akan berbicara sopan, santun, dan lemah lembut. Jika kita menyapa atau berpapasan dengan orang lain apalagi jika berpapasan dengan orang yang lebih tua dibanding kita, kita pasti sedikit membungkukkan badan untuk menghormati mereka. Seiring perubahan zaman, kebiasaan itu kian menghilang di kalangan remaja saat ini. Namun, walaupun kita sudah tahu banyak tentang kepribadian bangsa Timur, ternyata kita tidak bisa selalu beranggapan bahwa bangsa Timur lebih baik dari bangsa Barat.
                Banyak hal positif kebudayaan asing yang dapat diterima oleh kita, seperti peralatan yang terutama sangat mudah dipakai dan dirasakan sangat bermanfaat bagi penggunanya. Contohnya : Handphone, Komputer, TV, dll.
                Perubahan kebudayaan bangsa Timur, ternyata berpengaruh terhadap kebiasaan orang tua zaman dahulu. Dahulu, masyarakat dalam hal merayakan suatu acara lamaran, pernikahan, tujuh bulananan, khitanan, acara tersebut selalu dilakukan menggunakan adat-istiadat dan budaya di setiap daerah tertentu. Namun seiring perubahan zaman, kebiasaan tersebut sudah hampir dilupakan karena keterbatasannya waktu dan besarnya biaya yang dikeluarkan maka diambil cara-cara yang praktis. Kalaupun memakai adat, itupun dipakai sebagian dan diambil yang praktisnya saja. Contohnya saja, pernikahan adat jawa atau acara lamaran yang menggunakan adat jawa, pada saat acara berlangsung adat tersebut biasanya tidak terlihat, kalaupun terlihat hanya sedikit.


No comments:

Post a Comment