Sunday, November 5, 2017

Resume Jurnal Analisis Penerapan ISO/TS 16949 dalam Pelaksanaan Audit Mutu Internal pada PT Honda Lock Indonesia

Nama   :  Marsha Azahra N A P
NPM   :  36414424
Kelas   :  4ID10
Judul   :  Analisis Penerapan ISO/TS 16949 dalam Pelaksanaan Audit
   Mutu Internal pada PT Honda Lock Indonesia
Salah satu cara untuk meningkatkan mutu perlu diterapkannya sistem manajemen mutu untuk mengatur serta mengendalikan semua kegiatan operasional perusahaan agar dapat berjalan sesuai dengan prosedur. Setiawan dan Raharjo mengemukakan sertifikasi ISO/TS 16949 merupakan tolak ukur dari industri otomotif, karena itu dengan sertifikasi ini suatu perusahaan akan lebih dipercaya sebagai rekanan bisnis.
PT Honda Lock Indonesia merupakan perusahaan yang berbentuk perseroan terbatas, bergerak dalam bidang manufaktur, yaitu industri pabrik, pemasaran, dan pendistribusian barang-barang untuk otomotif seperti motor dan mobil. PT Honda Lock Indonesia telah mendapatkan sertifikat ISO/TS 16949 pada tahun 2012.  Sertifikat ISO/TS 16949 yang diperoleh tidaklah berlaku selamanya. PT Honda Lock Indonesia dituntut kerja keras dalam menerapkan klausul- klausul standar yang akan diaudit oleh pemberi sertifikat. Apabila auditor dalam hal ini audit eksternal menemukan penyimpangan-penyimpangan dari persyaratan standar sistem manajemen mutu yang ada, maka sertifikat akan dicabut. Sekalipun kebijakan mutu dan prosedur  disiapkan  dengan baik, tidak ada jaminan bahwa semua itu akan dipatuhi.
1.             Prosedur Kualitas Audit Mutu Internal PT Honda Lock Indonesia
Audit Mutu Internal merupakan kegiatan yang sangat penting dan  merupakan  keharusan dalam penerapan standar ISO/TS16949, yang bertujuan untuk memantau sistem manajemen mutu dibandingkan terhadap standar acuan serta kebijakan-kebijakan yang sudah ditentukan. Dalam melaksanakan Audit Mutu Internal, PT Honda Lock Indonesia mempunyai prosedur kualitas.
2.             Daftar Periksa Audit Mutu Internal PT Honda Lock Indonesia
Pertanyaan- pertanyaan audit dari setiap klausul yang digunakan untuk mengaudit departemen-departemen yang ada pada perusahaan yang berkaitan dengan dokumen yang ada pada departemen yang bersangkutan dan cocok untuk diterapkan pada klausul yang telah diidentifikasi untuk mengaudit departemen yang ada. Terdapat beberapa pertanyaan dalam satu klausul dalam melakukan penelusuran dokumen-dokumen yang ada pada departemen yang bersangkutan. Pertanyaaan- pertanyaan yang telah dibuat, disusun dalam sebuah format daftar periksa. Format pertanyaan ini dibuat auditor sesuai dengan departemen yang diaudit.
Kesimpulan
PT Honda Lock Indonesia telah mendapatkan sertifikat ISO/TS 16949 pada tahun 2012. Sertifikat ISO/TS 16949 yang diperoleh tidaklah berlaku selamanya. PT Honda Lock Indonesia dituntut kerja keras dalam menerapkan klausul-klausul standar yang akan diaudit oleh pemberi sertifikat. Apabila auditor dalam hal ini audit eksternal menemui penyimpangan-penyimpangan dari persyaratan standar sistem manajemen mutu yang ada, maka sertifikat akan dicabut. Salah satu kegiatan penting untuk melaksanakan  pemeriksaan  adalah Audit Mutu Internal. Audit Mutu Internal merupakan salah satu dari klausul yang ada di ISO/TS 16949. Pelaksanaan Audit Mutu  Internal harus sesuai  dengan prosedur  klausul  8.2.2  mengenai  Audit  Internal  yang  ada di ISO/TS 16949. Klausul utama ISO/TS 16949 yang diterapkan PT Honda Lock Indonesia, yaitu Klausul 4 Sistem Manajemen Mutu, Klausul 5 Tinjauan Manajemen, Klausul 6
Pengelolaan Sumber Daya, Klausul 7 Realisasi Produk, Klausul 8 Pengukuran, Analisis, dan Peningkatan. Prosedur kualitas Audit Mutu Internal PT Honda Lock Indonesia telah sesuai dengan ISO/TS 16949 klausul 8.2.2 mengenai Audit Internal. Terdapat tiga fungsi terkait dalam pelaksanaan Audit Mutu Internal di PT Honda Lock Indonesia, yaitu Wakil Manajemen, Auditor, dan Manajer Departemen  (Auditee).  Spesifikasi  tingkatan  Auditor  Audit  Mutu  Internal  PT Honda  Lock  Indonesia  telah  sesuai  dengan  ISO/TS  16949  klausul  8.2.2.5 mengenai Kualifikasi Internal Auditor. Daftar periksa Audit Mutu Internal PT Honda Lock Indonesia telah sesuai dengan ISO/TS 16949, seluruh pertanyaan baku  dalam  dokumen  daftar  periksa  Audit  Mutu  Internal  PT  Honda  Lock Indonesia berisi indikator penerapan klausul 4 Sistem Manajemen Mutu, klausul 5 Tinjauan Manajemen, klausul 6 Pengelolaan Sumber Daya, klausul 7 Realisasi Produk, dan klausul 8 Pengukuran, Analisis, dan Peningkatan. Tahap-tahap pelaksanaan dalam Audit Mutu Internal PT Honda Lock Indonesia terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan audit, tahap pelaksanaan audit, dan tahap tindak lanjut audit.

Sumber:
Aritonang, Pittauli. 2016. Analisis Penerapan ISO/TS 16949 dalam Pelaksanaan Audit Mutu Internal pada PT Honda Lock Indonesia. Jakarta: Universitas Gunadarma diunduh pada http://library.gunadarma.ac.id/deposit-system/penulisan.verifikasi/view/3827529/

No comments:

Post a Comment